Hamil di tuba Kiri

Seneng campur deg-degan waktu lihat hasil test pack ternyata positif, plus bingung.. ini yang kapan ya bisa jadi? hehehe… soalnya aku dan suami melakukan KB alami. Baru punya rencana akhir tahun untuk melakukan usaha menuju kehamilan.

Setelah tahu bahwa aku positif hamil, mulailah mencari info lagi dokter yang dulu menangani waktu hamil pertama, karena tahu di rumah sakit yang lama beliau memang tidak praktek lagi. Akhirnya sudah diputuskan akan konsultasi pada hari Rabu minggu depan.

Ternyata manusia memang hanya bisa berencana. Hari Sabtu dan Minggu aku memang ngerasa kok perutku sakit ya, bahkan sempet sangat sakit di bagian kiri bawah. Tapi ga kepikiran apa-apa. Kemudian hari Senin jam 2, pada saat mau shalat dzuhur.. sebelum wudhu aku melihat kalau ternyata ada flek berwarna cukup gelap. Kaget campur was-was karena takut ada apa-apa dengan janin yang aku kandung. Apa aku terlalu memaksakan diri? Akhirnya aku putuskan untuk menghubungi rumahsakit Bunda Aliyah dan menanyakan apakah ada dokter SPOG perempuan yang hari itu praktek. Kebetulan ada, Dr Allesia (aku jg pernah konsul dengan beliau sebelumnya waktu datang bulanku tidak normal).

Pukul 6 sore, Dr. Allesia datang dan aku diperiksa melalui USG. Dokter menyatakan kalau rahim ku bersih alias kosong dan saat ini dalam masa subur. Kemudian dilakukan pemeriksaan dalam dan memang aku mengalami pendarahan. Untuk meyakinkan kehamilan lalu dilakukan test urine, yang hasilnya memang positif. Beliau menyatakan ada dua kemungkinan, hamil masih sangat dini sehingga belum terdeteksi atau hamil di luar kandungan, dan mengatakan untuk berdoa semoga kemungkinan pertama lah yang tengah aku alami.

Dokter Allesia merujuk aku ke dokter seniornya yaitu Dr. Sri Pudjiastuti untuk mendapat jawaban atas kondisiku. Jadilah aku tetap bertemu dengan dokter yang tadinya memang mau aku datangi di hari Rabu.

Hari Rabu konsultasi dengan Dr. Pudjiastuti, dilakukan usg transvaginal. Rasanya lama sekali Dr melakukan usg dan akhirnya menyatakan bahwa aku positif hamil di luar kandungan yaitu kehamilan di tuba kiri. Dokter menyebutkan bahwa aku masih memiliki kesempatan untuk hamil normal (bukan di luar kandungan) tetapi kemungkinan untuk terjadi lagi jg ada sekitar 15-17%. Penyebabnya adalah terjadi penyumbatan di tuba kiri sehingga telor yang telah dibuahi sperma yang seharusnya masuk ke dalam rahim tidak bisa lewat dan membesar di situ.

Dokter memberikan jawaban atas kondisiku kepada Dr. Allesia dengan memberikan saran untuk pengobatan dengan MTX dengan evaluasi 1 minggu kemudian melalui USG dan atau titer hsg. Dr. Sri memberi gambaran bahwa boleh salah satu atau keduanya untuk mengevaluasi keberhasilan, dan pengobatan ini harus dilakukan 2-3 kali. Dengan melihat ukuran janin sekitar 1,6cm diperkirakan dengan 2x suntik MTX dapat berhasil. Tingkat keberhasilan selama ini adalah 99%.

Akhirnya aku kembali ke Dr. Allesia, dan beliau memberikan suntikan MTX pertama kali. Rasanya lama sekali MTX itu disuntikkan. Aku hanya berserah diri dan berharap pengobatan ini berhasil sehingga tidak perlu dilakukan operasi. Sedih rasanya kehilangan harapan akan memberikan adik untuk anak kami tercinta.

Minggu depan aku insyallah bertemu lagi dengan Dr. Allesia untuk suntikan selanjutnya.


6 thoughts on “Hamil di tuba Kiri

  1. mba, yg mba alamin sama persis dengan saya… dokternya pun sama Dr. Sri Pudjiastuti…
    saat ini saya dalam kondisi sehabis di suntik mtx yang pertama… mnunggu seminggu lg utk kontrol dan usg…
    yg saya mau tnyakan, apa reaksi yg mba alami setelah suntik mtx? apa ada pendarahan yg bnyk…??

    1. reaksi setelah disuntik – kalau ga salah sih tidak ada. Ga ada pusing ga ada mual.. biasa aja, paling berasa cepat capek (mungkin karena kerja dan stress juga). Alhamdulillah setelah 2.5 bulan (berarti 7 kali atau 8 kali suntik (lupa hehehe…) hasilnya sesuai harapan. Karena saya diwanti-wanti, kalau merasa sakit pilihannya hanya satu harus di operasi. Dan saya minta dokter untuk usahakan tidak dioperasi. Dampaknya malah sampai sekarang berat badan seperti saya sedang hamil 4-5 bulan nih hehehe… (alesan sih – pembenaran karena makan terus :-p ). Semoga hasilnya sesuai harapan ya.. Untung ketahuan cepat, karena teman saya ada yang pecah di dalam dan pendarahan hebat, tapi alhamdulillah masih selamat padahal HB nya sudah turun drastis. Pokoknya, ikuti aja saran dari dr nya, insyaallah sesuai harapan. Amin.

      1. taunya suntik mtx telah berhasil dr mana…?? apa nunggu hasil usg dan tes lab beta HCG..?? soalnya aku kluar darah ga brenti2… itu darah apa ya…?? aku cm disuruh balik lg 1minggu kmudian stlah disuntik…
        Apa pendarahan itu trmasuk berhasilnya suntik mtx…? yg berarti janin nya udh mati…??

  2. Keluar darah tidak berhenti itu sebenarnya karena kehamilan di tuba tersebut. Pertumbuhannya menekan jaringan di tuba – karena bukan tempatnya jadinya pendarahan. MTX nantinya akan menekan pertumbuhan jaringan konsepnya seperti mematikan pertumbuhan jaringan kanker. Jadi kalau pendarahannya sudah berhenti, itu bisa jadi salah satu indikator kalau suntik mtx nya berhasil. untuk konfirmasi keberhasilan bisa dilihat dari 2 hal : usg transvaginal dan test lab. Waktu kemarin sih tidak tiap minggu harus tes lab bet HCG, tapi memang harus tiap minggu datang disuntik dan dipantau kemajuannya. Dokternya bilang tidak kira-kira berapa kali suntik? Kemarin aku cukup lama juga sih pendarahan terus lebih dari sebulan kalau tidak salah. Sabar aja ya mbak.. mudah-mudahan berjalan dengan baik pengobatannya. amin

  3. Yg mba2 alamin sm seperti sya. Bln mei kmrn saya di diagnosa klo hamil di tuba sebelah kanan. Krn msh 5minggu jd 2x di suntik alhamdulillah sdh dinyatakan bersih. Selama 4bln aq tdk boleh hamil dlu. Dan insya allah senin bsk aq mo tes hsg(untuk lihat ada sumbatan disaluran telur aq ato tdk) tp takut bgt nih. Ada yg blng ga sakit, tp bnyk jg yg blng sakit bgt

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s