Resep Cimol ala Tukang Cimol & bumbu Cuko

Sesuai request nih dari pembaca  ditanyakan ulang deh resep cimol ke tukang cimol (yang laen – bukan yang kemaren) dan akhirnya dapat resep yang memang asli ga mental-mental :

1. yang paling penting – air yang digunakan harus mendidih dan langsung diuleni pake tangan (ga kebayang deh gimana caranya… ckckck..) – untuk takaran airnya kata tukang cimol secukupnya aja Bu..

2. Bahan2 – gunakan tepung kanji yang bagus (ni tukang cimol pake merk  S@6u T@*i – 300 gr

tepung beras 3 sdm, tepung terigu 2 sdm, 1 sendok teh baking powder, garam dan merica secukupnya (atau yang suka pakai penyedap, silahkan saja disesuaikan)

3. Cara buatnya tepung kanji yang sudah dikasih garam dan merica secukupnya dicampur dengan air mendidih lalu diuleni sambil dikasih tepung beras sampai adonannya bisa dibentuk.

Abis itu goreng deh..

This slideshow requires JavaScript.

kalau di tukang cimol, nih cimol dibumbuin pake bumbu instan. katanya belinya di pasar induk yang sebungkus apa sekilonya 40rb-an. Tapi aku lebih suka pake bumbu cuko sih..

Gampang kok buatnya..

– didihkan Air 350 cc

– Masukkan Gula merah kira-kira 50gram atau 1 Gandu disisir halus  + gula putih 2 sdm

– garam 2 sdt

– masukkan Cabe rawit merah atau hijau kira-kira 10 buah s.d 15 tergantung selera + 2 siung bwg putih   yang sudah  diulek halus

– Asam Jawa secukupnya (kira-kira 1 bungkus kecil yang dijual di tukang sayur gt)

-Masak hingga berbau harum

Sajikan dengan cireng.. hehehe.. selamat mencoba. Aku sih doyan. Tapi hati-hati yang punya penyakit maag.. jangan kebanyakan makan cuko nya. ntar sakit perut..


64 thoughts on “Resep Cimol ala Tukang Cimol & bumbu Cuko

    1. mbak, memang sih biasa nya meletus-meletus. biar ga meletus-meletus – jangan lupa air yang digunakan air panas (mendidih jg ga apa-apa kok jadi tepung kanji nya mateng). Pas masak apinya ternyata memang ga boleh besar, api kecil aja. Jadi waktu manasin minyak api sedang begitu udah panas dan adonan dimasukin – api nya kecilin aja. Tapi jangan terlalu kecil.

      1. iya memang mental-mental- tapi kalau air untuk ulenin panas (mendidih) harusnya sih tidak. biasanya karena apinya terlalu besar. Api nya kecil saja. Tapi waktu dimasukkan minyaknya harus sudah cukup panas..

  1. wah leh dicoba tuh resepnya…
    sapa tau berhasil…
    q dah berkali cba bwt tapi keras trus…
    moga2 kali in berhasil..
    thank’s

  2. Sama.. sya bikin jga keras.. kurang soda kue kali y? klo pake telur takut keenceran. tolong tanyain lgi ama tukang na.. TU

      1. harusnya sih masak mbak, biasanya itu pas nguleninnya. airnya harus mendidih bukan panas. Saya juga dulu gitu dalamnya ga matang, tapi setelah menggunakan air mendidih, dalamnya pasti matang.. harusnya juga ga keras, karena kan pakai kanji begitu kena air mendidih bakal matang. dicoba lagi ya.. kanjinya kurangin jadi 300g bukan 500g

      2. aku buat sih matang kok sampai dalam, dan ga keras. mungkin airnya kurang kali ya.. secara terigu ma kanji nya juga mungkin yang digunakan kadar airnya bisa jadi berbeda. hihi.. pokoknya biar mateng, airnya harus mendidih, biar ga keras jangan kurang airnya.

    1. kalau untuk rebus, buat perbandingan 1:2 yaitu 1 bagian terigu dan 2 bagian tepung kanji. sama dengan air mendidih. Biar enak, dalam nya dikasih isian. bisa daging bisa abon. Setelah dibentuk, dimasukan ke air mendidih tunggu hingga mengapung. Untuk bumbunya, pakai bumbu kacang lebih enak (kacang tanah digoreng, diulek atau pun diblender – seperti bumbu batagor)

    1. belum dapat tuh mbak.. kalau biar putih setelah digoreng. Karena kan resepnya pakai terigu jadi pasti ga putih banget

  3. Mba aq udah nyoba resep Mba tapi setelah mateng ko ga bisa putih bersih kayak punya abang yg jual ya? Udah gt gmn caranya bikin yg dalemnya kopong dan klo mateng enteng banget bola2 cimolnya?

    1. kalau mau kopong mungkin harus pakai soda kue biar ngembang dalamnya. biasanya sih kalau pakai soda kue adonan harus didiemin dulu biar mengembang. Belum nyoba sih. karena lebih suka yang ga kopong hehehe…

  4. Wah makasihh ya, aq bikin uda berhasil bener2 kyk cimolnya mang yg jual2 tuh. Kenyol dan gak meledak2. Tips supaya dlmnya mateng, ga usah pake terigu, trus biar ga meledak2 wktu digoreng, gorengnya wajib diaduk terus, dijamin ga meledak ^_^

    1. Waaah.. terima kasih ya.. jadi ga usah pakai terigu . kalau gitu mirip cireng dong ya.. yang pasti kalau tidak ingin meledak-ledak dan matang, airnya harus air mendidih untuk uleninnya. syukurlah kalau sudah berhasil

    1. mirip buat cireng juga, ada yang seperti itu. tapi saya belum nemu tuh resepnya gimana biar bisa pakai cetakan. Untuk bikin cireng, saya pakai resep 1:3 (1 bagian terigu dicampur 3 bagian tepung kanji- dan harus pakai air mendidih). kalau dapat resepnya.. bagi-bagi ya…

    1. gorengnya kurang kering ya? tapi untuk soal melempem – kalau buat sendiri gorengan apa pun pasti melempem beda dengan yang jualan. kira-kira ada yang tahu apa penyebabnya? bahkan kalaupun ditambahkan dengan tepung beras, kriuknya sementara saja (untuk gorengan ya bukan untuk cimol), setelah lama, jadi melempem.

  5. dari dulu smp skr aq dg d rmh dg cimol,cireng aneka rasa wtu awl aq tya cara mbwtnya cm spintas d ksh taunya tp krn aq d biasa cr mbwtnya sprt aq mbwt mpe2 ala aq d rmh jd aq cb trus smp ga ada yg namanya mlutus2an deh…aq org yg ska mencba klo ggal & cba lg smpe bisa skr aq tau biar tdk mlutus2 lg

    1. air panas mendidih (jangan dari termos). untuk berapa liternya dikira-kira sampai adonan bisa diuleni jadi coba saja sedikit-sedikit. Karena kadar air di tepung yang digunakan berbeda.

  6. Mbak, makasih ya, berkat resep diatas aku berhasil bikin cimol… hihi.. lumayan mengobati kangen dg jawa.hehe, oya aku nggak pake tepung terigu, rasanya enak seperti punya mamang2. Hehe

  7. Mba ak mwu tawarin Cimol + Sambal rujak nh,hrga standar perbungkus.. bisa langsung order ditunggu ya makasih sob..

  8. Uda pada nyobain blm Cireng Crispy plas sambal rujak, bisa lgsung dipesan anter kok,dijamin Maknyoooss buat yg order bnyak 1bungkus isi 20+sambal rujak hrganya 10000rb,untk pemesanan diatas 50rb..ditunggu ya kalo mau order tinggal buka aja ke email Hulieliana@rocketmail.com aku di daerah sawangan depok..trimksh,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s