Nasi Uduk dari Nasi yang sudah jadi

Pagi-pagi bingung nih.. setelah selama seminggu masakan yang disajikan di meja untuk anak dan suami menunya tidak berubah. Lalu kepikiran untuk buat nasi uduk. Tadinya sih mau buat nasi kuning. Tapi ternyata tidak ada kunyit di dapur. Ya sudah buat nasi uduk saja.
Ternyata nasi yang kemarin sore dibuat, masih banyak. Kira-kira masih ada 3 porsi makan orang dewasa. Kalau buat nasi uduk, sayang dong nasi yang sudah ada.
Ah.. daripada bingung-bingung, mending nasi uduk nya dibuat dari nasi yang sudah ada. Selain nasi tidak terbuang waktu yang diperlukan juga jadi lebih sebentar kan…
Resepnya sih sama saja dengan resep nasi uduk yang lain, hanya karena nasinya sudah jadi, kita tidak perlu lagi membuat aron nasi dulu terus dikukus. Caranya :

Bahan :
– santan (kara) 100cc
– Garam 1 sdt peres
– daun salam 3 lembar
– daun jeruk 2 lembar
– serai 2 batang memarkan
– air 100 cc

bahan di atas dimasak bersama-sama sampai mendidih dan berbau harum.  Setelah itu masukkan ke dalam magic jar atau rice cooker beserta nasi. Aduk rata. Masak kembali nasi hingga matang dengan memakai magic jar atau rice cooker (biasanya sekitar 4-7 menit).

Nah… Jadi deh Nasi Uduk untuk sarapan pagi suami dan anak-anak.

Untuk tambahan lauknya :

1. Dadar Telur/ pindang Telur/ ayam goreng

2. Sambal terasi

3. Sambal ikan teri + kacang (kalau mau cepat – Abon saja)

4. Timun iris tipis

5. Kerupuk

hmmmm……🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s