Istrisayangsuami’s Blog

Just another WordPress.com weblog

Resep Cimol ala Tukang Cimol & bumbu Cuko

Sesuai request nih dari pembaca  ditanyakan ulang deh resep cimol ke tukang cimol (yang laen – bukan yang kemaren) dan akhirnya dapat resep yang memang asli ga mental-mental :

1. yang paling penting – air yang digunakan harus mendidih dan langsung diuleni pake tangan (ga kebayang deh gimana caranya… ckckck..) – untuk takaran airnya kata tukang cimol secukupnya aja Bu..

2. Bahan2 – gunakan tepung kanji yang bagus (ni tukang cimol pake merk  S@6u T@*i – 300 gr

tepung beras 3 sdm, tepung terigu 2 sdm, 1 sendok teh baking powder, garam dan merica secukupnya (atau yang suka pakai penyedap, silahkan saja disesuaikan)

3. Cara buatnya tepung kanji yang sudah dikasih garam dan merica secukupnya dicampur dengan air mendidih lalu diuleni sambil dikasih tepung beras sampai adonannya bisa dibentuk.

Abis itu goreng deh..

This slideshow requires JavaScript.

kalau di tukang cimol, nih cimol dibumbuin pake bumbu instan. katanya belinya di pasar induk yang sebungkus apa sekilonya 40rb-an. Tapi aku lebih suka pake bumbu cuko sih..

Gampang kok buatnya..

- didihkan Air 350 cc

- Masukkan Gula merah kira-kira 50gram atau 1 Gandu disisir halus  + gula putih 2 sdm

- garam 2 sdt

- masukkan Cabe rawit merah atau hijau kira-kira 10 buah s.d 15 tergantung selera + 2 siung bwg putih   yang sudah  diulek halus

- Asam Jawa secukupnya (kira-kira 1 bungkus kecil yang dijual di tukang sayur gt)

-Masak hingga berbau harum

Sajikan dengan cireng.. hehehe.. selamat mencoba. Aku sih doyan. Tapi hati-hati yang punya penyakit maag.. jangan kebanyakan makan cuko nya. ntar sakit perut..

March 5, 2009 - Posted by | Resep Masakan | , , ,

64 Comments »

  1. ajiiib.ajiib… boleh nyontek resepnya yaahhh :)

    Comment by shedha | July 20, 2009 | Reply

  2. wah lumayan buat buka puasa nich..

    Comment by orang bogor | September 13, 2009 | Reply

  3. Wah,keliatan’a enak tuh..
    Jd pngen nyoba

    Comment by Tutay | October 6, 2009 | Reply

  4. ummu aisyah says: kopas ya mbak…suka juga ni ma cireng and cimol…

    Comment by kukuh2003 | November 18, 2009 | Reply

  5. Waaduuh mbaak.. Lha aku bikin kok mlah mletus-mletus kya rudal. Bikin dapur mkin brantakan.. Gmna ya?

    Comment by Fatma | December 29, 2009 | Reply

    • mbak, memang sih biasa nya meletus-meletus. biar ga meletus-meletus – jangan lupa air yang digunakan air panas (mendidih jg ga apa-apa kok jadi tepung kanji nya mateng). Pas masak apinya ternyata memang ga boleh besar, api kecil aja. Jadi waktu manasin minyak api sedang begitu udah panas dan adonan dimasukin – api nya kecilin aja. Tapi jangan terlalu kecil.

      Comment by istrisayangsuami | January 1, 2010 | Reply

      • mbak ko menta-menta mulu shi cimolnya sampe kita ikutan mental :(

        Comment by vebby,nisa& indah | March 27, 2010

      • iya memang mental-mental- tapi kalau air untuk ulenin panas (mendidih) harusnya sih tidak. biasanya karena apinya terlalu besar. Api nya kecil saja. Tapi waktu dimasukkan minyaknya harus sudah cukup panas..

        Comment by istrisayangsuami | April 10, 2010

    • mbak Fatma, udah dicoba lagi kah???

      Comment by istrisayangsuami | October 29, 2012 | Reply

  6. wah leh dicoba tuh resepnya…
    sapa tau berhasil…
    q dah berkali cba bwt tapi keras trus…
    moga2 kali in berhasil..
    thank’s

    Comment by melyssa | April 30, 2010 | Reply

    • biasanya keras itu karena airnya kurang…

      Comment by istrisayangsuami | October 29, 2012 | Reply

  7. Sama.. sya bikin jga keras.. kurang soda kue kali y? klo pake telur takut keenceran. tolong tanyain lgi ama tukang na.. TU

    Comment by Doyan iseng | November 14, 2010 | Reply

    • udah dpt resepnya lagi.. dan dah dicoba ini memang lebih gampang, ga meletus, dan ga keras… dicoba lagi ya

      Comment by istrisayangsuami | November 21, 2010 | Reply

      • mba gmna biar ga keras..n dalamnya jadi ga msk gtu?

        Comment by indri | November 30, 2010

      • harusnya sih masak mbak, biasanya itu pas nguleninnya. airnya harus mendidih bukan panas. Saya juga dulu gitu dalamnya ga matang, tapi setelah menggunakan air mendidih, dalamnya pasti matang.. harusnya juga ga keras, karena kan pakai kanji begitu kena air mendidih bakal matang. dicoba lagi ya.. kanjinya kurangin jadi 300g bukan 500g

        Comment by istrisayangsuami | February 6, 2011

      • aku buat sih matang kok sampai dalam, dan ga keras. mungkin airnya kurang kali ya.. secara terigu ma kanji nya juga mungkin yang digunakan kadar airnya bisa jadi berbeda. hihi.. pokoknya biar mateng, airnya harus mendidih, biar ga keras jangan kurang airnya.

        Comment by istrisayangsuami | October 29, 2012

    • udah coba pakai telor, memang lebih enak. tapi melempem.. :-(

      Comment by istrisayangsuami | October 29, 2012 | Reply

  8. asyikkk,nemu juga resep cimol,kpn2 pngen nyoba bwt ^_^

    Comment by cah purwokerto | November 24, 2010 | Reply

  9. untung mampir ke warnet sebelahhhhhhh,,,,,hahayy
    jadi dapet resep nichhhh….
    cobain achhhhhh

    Comment by preketek | February 5, 2011 | Reply

  10. baca resep lain pake telor,gmna tuch?apa g mlempem nantiy?

    Comment by knoor | February 13, 2011 | Reply

  11. kalo cimolx direbus kaya cilok bisa gak ya?

    Comment by fatima | April 26, 2011 | Reply

    • kalau untuk rebus, buat perbandingan 1:2 yaitu 1 bagian terigu dan 2 bagian tepung kanji. sama dengan air mendidih. Biar enak, dalam nya dikasih isian. bisa daging bisa abon. Setelah dibentuk, dimasukan ke air mendidih tunggu hingga mengapung. Untuk bumbunya, pakai bumbu kacang lebih enak (kacang tanah digoreng, diulek atau pun diblender – seperti bumbu batagor)

      Comment by istrisayangsuami | October 29, 2012 | Reply

  12. bumbu yg keju jagung bakar manisnya mana ya?

    Comment by Dewi R | June 5, 2011 | Reply

  13. Hmm.. Mantab jaya.. :-)

    Comment by Ifan Iqbal | June 8, 2011 | Reply

  14. cara biar agar tetap putih digoreng gimana ya mbak?

    Comment by Stela | September 19, 2011 | Reply

    • belum dapat tuh mbak.. kalau biar putih setelah digoreng. Karena kan resepnya pakai terigu jadi pasti ga putih banget

      Comment by istrisayangsuami | October 29, 2012 | Reply

  15. lagi dicoba nih resepnya,,^_^

    Comment by Dian Basri | November 21, 2011 | Reply

  16. Cobain ahh

    Comment by Maudy | December 29, 2011 | Reply

  17. thanks resepnya, tar kt coba. oke.

    Comment by chrisna rangga | January 4, 2012 | Reply

    • hasilnya gimana? :-)

      Comment by istrisayangsuami | October 29, 2012 | Reply

  18. enak tuhh kyakx
    Q kepingin nyobak buat aaahh

    Comment by Finaa | January 13, 2012 | Reply

  19. kayaknya enak tuh

    Comment by risma | January 21, 2012 | Reply

  20. enak banget deh.Dah tak coba!!!!!!!!!!!!!!!

    Comment by dewi | January 21, 2012 | Reply

  21. hmm…lumayanx jugax xih

    Comment by Cak han | February 3, 2012 | Reply

  22. Aku coba ya….

    Comment by jolia | March 13, 2012 | Reply

  23. trims y, dah berbagi pengalaman.

    Comment by o punk schweinsteiger | March 16, 2012 | Reply

  24. jadi pengen coba deh…hehe..

    Comment by Fajar Riyani | March 17, 2012 | Reply

  25. yuuk kita coba..

    Comment by Fajar Riyani | March 17, 2012 | Reply

  26. hhhhmm……:D :)

    Comment by mio | April 18, 2012 | Reply

  27. Mba aq udah nyoba resep Mba tapi setelah mateng ko ga bisa putih bersih kayak punya abang yg jual ya? Udah gt gmn caranya bikin yg dalemnya kopong dan klo mateng enteng banget bola2 cimolnya?

    Comment by Pok Siti | April 21, 2012 | Reply

    • kalau mau kopong mungkin harus pakai soda kue biar ngembang dalamnya. biasanya sih kalau pakai soda kue adonan harus didiemin dulu biar mengembang. Belum nyoba sih. karena lebih suka yang ga kopong hehehe…

      Comment by istrisayangsuami | December 30, 2012 | Reply

  28. Wah makasihh ya, aq bikin uda berhasil bener2 kyk cimolnya mang yg jual2 tuh. Kenyol dan gak meledak2. Tips supaya dlmnya mateng, ga usah pake terigu, trus biar ga meledak2 wktu digoreng, gorengnya wajib diaduk terus, dijamin ga meledak ^_^

    Comment by Pok Siti | April 26, 2012 | Reply

    • Waaah.. terima kasih ya.. jadi ga usah pakai terigu . kalau gitu mirip cireng dong ya.. yang pasti kalau tidak ingin meledak-ledak dan matang, airnya harus air mendidih untuk uleninnya. syukurlah kalau sudah berhasil

      Comment by istrisayangsuami | October 29, 2012 | Reply

  29. bisa dipakek referensi unt meraup rupiah.sip pol

    Comment by alex | April 26, 2012 | Reply

  30. wah maksih mba ,jdi pengen nyoba jg nih……

    Comment by ichal | May 15, 2012 | Reply

  31. jos!

    Comment by heruyaheru | June 11, 2012 | Reply

  32. Laperrrrrrrrrrrrrrr

    Comment by Aray Sweett-swett He' He' | July 10, 2012 | Reply

  33. Aku mau coba ni.lumayan bisnis kecil2an,spa tw jd gedean.hehe

    Comment by Dien | July 14, 2012 | Reply

  34. klo kmren aq liat nya bkan gitu tp pake cetakan husus, entar kluar nya panjang trus di potong2 deh

    Comment by Hasby Ala Gondrong | July 14, 2012 | Reply

    • mirip buat cireng juga, ada yang seperti itu. tapi saya belum nemu tuh resepnya gimana biar bisa pakai cetakan. Untuk bikin cireng, saya pakai resep 1:3 (1 bagian terigu dicampur 3 bagian tepung kanji- dan harus pakai air mendidih). kalau dapat resepnya.. bagi-bagi ya…

      Comment by istrisayangsuami | October 29, 2012 | Reply

  35. sya udh mencoba tp kalo udh dingin melempem

    Comment by ajat sudrajat | August 7, 2012 | Reply

    • gorengnya kurang kering ya? tapi untuk soal melempem – kalau buat sendiri gorengan apa pun pasti melempem beda dengan yang jualan. kira-kira ada yang tahu apa penyebabnya? bahkan kalaupun ditambahkan dengan tepung beras, kriuknya sementara saja (untuk gorengan ya bukan untuk cimol), setelah lama, jadi melempem.

      Comment by istrisayangsuami | October 29, 2012 | Reply

  36. Aku pengen tinggal majan aja hehe

    Comment by Dien | September 5, 2012 | Reply

  37. asyikkkkkk ahhh akhirnya sya bisa mmbuat cimol…

    hehehebuat bkin propsl…
    mksh ye

    Comment by onis | September 9, 2012 | Reply

  38. hemmmm coba lah

    Comment by Dewangga Dwirangafebra Candiputra | October 9, 2012 | Reply

  39. dalem nya kok gak mateng ya mbx..

    Comment by yuli | October 29, 2012 | Reply

    • airnya harus mendidih biar dalam nya matang :-)

      Comment by istrisayangsuami | October 29, 2012 | Reply

  40. dari dulu smp skr aq dg d rmh dg cimol,cireng aneka rasa wtu awl aq tya cara mbwtnya cm spintas d ksh taunya tp krn aq d biasa cr mbwtnya sprt aq mbwt mpe2 ala aq d rmh jd aq cb trus smp ga ada yg namanya mlutus2an deh…aq org yg ska mencba klo ggal & cba lg smpe bisa skr aq tau biar tdk mlutus2 lg

    Comment by mama enang | November 10, 2012 | Reply

  41. ni pke aer pnas kah dingin tyuz brpa liter aernye

    Comment by Zakia Nur Sya'banita | December 27, 2012 | Reply

    • air panas mendidih (jangan dari termos). untuk berapa liternya dikira-kira sampai adonan bisa diuleni jadi coba saja sedikit-sedikit. Karena kadar air di tepung yang digunakan berbeda.

      Comment by istrisayangsuami | December 30, 2012 | Reply

  42. Mbak, makasih ya, berkat resep diatas aku berhasil bikin cimol… hihi.. lumayan mengobati kangen dg jawa.hehe, oya aku nggak pake tepung terigu, rasanya enak seperti punya mamang2. Hehe

    Comment by bunda borne | December 28, 2012 | Reply

    • syukurlah kalau berhasil. Jadi semuanya pakai kanji aja ya? mirip cireng dong tapi bulat2 :-)

      Comment by istrisayangsuami | December 30, 2012 | Reply

  43. Mba ak mwu tawarin Cimol + Sambal rujak nh,hrga standar perbungkus.. bisa langsung order ditunggu ya makasih sob..

    Comment by Hulie Liana Inlander | April 27, 2014 | Reply

  44. Uda pada nyobain blm Cireng Crispy plas sambal rujak, bisa lgsung dipesan anter kok,dijamin Maknyoooss buat yg order bnyak 1bungkus isi 20+sambal rujak hrganya 10000rb,untk pemesanan diatas 50rb..ditunggu ya kalo mau order tinggal buka aja ke email Hulieliana@rocketmail.com aku di daerah sawangan depok..trimksh,

    Comment by Hulie Liana Inlander | May 1, 2014 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: